PENGANTAR TEKNOLOGI GAME TUGAS KE-3
Kelas 3IA13
Kelompok 12
Anggota:
- Diah Permatasari (51410949)
- Mohammad Ali Akbar (54410488)
- Saddam Senoadji (59410169)
Kelas 3IA13
Kelompok 12
Anggota:
- Diah Permatasari (51410949)
- Mohammad Ali Akbar (54410488)
- Saddam Senoadji (59410169)
1.) Interactive Entertainment. Jelaskan konsep dari Interactive Entertainment!
Interactive
Entertainment ialah sebuah interaktif yang bertujuan dalam membuat
sebuah produksi dan memberikan layanan yang bersifat menghibur
(entertainment) kepada pengguna sehingga mereka dapat langsung merespon
dengan cara memberikan umpan balik.
Interactive Entertainment memiliki konsep memberikan informasi – informasi berupa kombinasi data teks, gambar, animasi dan video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraktif dengan informasi informasi tersebut.
Interactive Entertainment memiliki konsep memberikan informasi – informasi berupa kombinasi data teks, gambar, animasi dan video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraktif dengan informasi informasi tersebut.
2.)
Interactive Programs. Hal-hal penting yang harus diperhatikan dari
Interactive Programs adalah dari segi user dan programnya? Jelaskan
peran user dan program agar terbentuk komunikasi yang mudah dipahami
user!
Interactive programming merupakan bagian dari prosedur penulisan sebuah program ketika sudah aktif. Interactive programming memfokuskan pada syntax program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.Dalam interactive programs, keterlibatan user dalam pembuatan sebuah program sangatlah penting, karena sebuah program dibuat untuk memenuhi kebutuhan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya tampilan antarmuka / GUI yang dibangun pada program tersebut. Dengan adanya GUI, Interactive system menjadi lebih terdukung karena tampilan program kepada user menjadi lebih mudah digunakan.
Interactive programming merupakan bagian dari prosedur penulisan sebuah program ketika sudah aktif. Interactive programming memfokuskan pada syntax program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.Dalam interactive programs, keterlibatan user dalam pembuatan sebuah program sangatlah penting, karena sebuah program dibuat untuk memenuhi kebutuhan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya tampilan antarmuka / GUI yang dibangun pada program tersebut. Dengan adanya GUI, Interactive system menjadi lebih terdukung karena tampilan program kepada user menjadi lebih mudah digunakan.
3.) Salah satu pendukung interactive system adalah adanya GUI/Graphical User Interface.
Apa fungsi dari GUI?
GUI merupakan fasilitas komunikasi antara user (pengguna) dengan system/aplikasi pada computer, GUI adalah perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface). Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Hal ini termasuk untuk GUI sistem pengenal suara,GUI ini diperlukan agar orang awam mudah dalam mempelajari dan menggunakan sistem tersebut. Untuk lebih kenal dekat dengan GUI, anda dapat perhatikan pada komputer masing-masing yang mana telah dibalut oleh GUI. Contoh saja Sistem Operasi Windows anda atau pun Linux, memiliki tampilan yang disesuaikan dengan cara penggunaan sistem. Berikut ini salah satu sreenshoot dari Sistem Operasi Windows 7 yang juga dibangun dari komponen GUI.
Dari
pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia
teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi
dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer:
- Pointing device dengan perangkat berupa mouse.
- Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi).
- Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.
- Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.
- Pembuatan website.
- Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
4.) Sebutkan, jelaskan dan berikan gambar dari komponen-komponen GUI!
Komponen-Komponen dari GUI
- Containers: merupakan wadah yang berfungsi untuk menempatkan komponen-komponen lain di dalamnya.
- Canvas: merupakan komponen GUI yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau untuk membuat program grafis. Dengan canvas, kita bisa menggambar berbagai bentuk seperti lingkaran, segitiga, dll.
- User Interface (UI) components: contohnya adalah buttons, list, simple popup menus, check boxes, text fields, dan elemen lain.
- Komponen pembentuk window: seperti frames, menu bars, windows, dan dialog boxes.
Label:
Combo Box:
List:
Radio Button:
Text Area:
5.) Event merpakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan komponen-komponen GUI. Tanpa event, peran GUI tidak akan berjalan. Sebutkan macam-macam event untuk komponen" GUI (minimal 5)!
Event adalah peristiwa atau kejadian yang dibangkitkan atau distimulasi oleh pengguna terhadap GUI. Untuk mendeteksi dan
menangani apa yang dilakukan oleh pengguna terhadap GUI, diperlukan
suatu mekanisme yang disebut Event Handling. Event untuk komponen GUI:
- Event Source: Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field.
- Event Model: Interaksi antara user dan komponen GUI untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user. Bagian-bagian pentingnya yaitu event source dan event listener / Handler.
- Event Object: Ketika sebuah event terjadi (ketika user berinteraksi dengan komponen GUI) sebuah object event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari class ini. Objek yang terbentuk saat terjadi event yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti: tekan button, ketik di text field, dll.
- Event Listener: Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
- Event Handler: Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
- Event Source: Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event, yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field.
- Event Model: Interaksi antara user dan komponen GUI untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user. Bagian-bagian pentingnya yaitu event source dan event listener/Handler.
6.) Jelaskan mengenai event dalam konsep Struktur Interactive Program!
Untuk mendeteksi dan
menangani apa yang dilakukan oleh pengguna terhadap GUI, diperlukan
suatu mekanisme yang disebut Event Handling. Event untuk komponen GUI:Event
Object: Ketika sebuah event terjadi (ketika user berinteraksi dengan
komponen GUI) sebuah object event diciptakan. Object berisi semua
informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi
meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah
di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari user
action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari
class ini. Objek yang terbentuk saat terjadi event yaitu ketika user
berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti: tekan button, ketik di text
field, dll. Event Listener: Objek penerima & pengolah event. Menerima
dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan
informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain
sebagainya. Event Handler: Event Handler berupa blok method dari
listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan
event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan
menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler
akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
REFERENSI:
- http://ainanug.blogspot.com/2013/06/interactive-system_25.html
- http://mateus92.wordpress.com/
TABEL KINERJA KELOMPOK 12
NPM
|
NAMA
|
KINERJA
|
51410949 |
Diah Permatasari
|
Mengerjakan nomer 5 dan 6, serta menyatukan dan merapihkan semua
kerja kelompok.
|
54410488 |
Mohammad Ali Akbar
|
Mengerjakan nomer 1 dan 2.
|
59410169 |
Saddam Senoadji
|
Mengerjakan nomer 3 dan 4.
|
Sekian hasil kerja kelompok kami.
0 komentar:
Posting Komentar